Pages

Subscribe:

29 December 2011

Santai - 7 Fakta Menarik Yang Tidak Anda Ketahui Tentang Apple Inc

1. Logo pertama Apple

Hampir semua penggemar apple tau bahwa logo apple yang memiliki warna retro pelangi adalah logo yang dikenal oleh banyak orang sebelum logo Apple yang sekarang. Tetapi logo Apple pertama kali adalah gambar dimana Sir Isaac Newton duduk dibawah pohon apel dengan apel yang akan jatuh mengenai kepalanya. Logo tersebut dirancang oleh pendiri Apple yang
kurang dikenal bernama Ronald Wayne, dan dia akhirnya menjual Apple kepada Steve Jobs dan Steve Wozniak dengan harga $800. Logo tersebut hanya digunakan sebentar saja, pada tahun 1976. Karena logo tersebut tidak menunjukan dampak kenaikan terhadap Apple maka logo Isaac tersebut segera diganti.


2. Wozniak menjual kalkulator ilmiahnya untuk menambah modal

Dalam rangka menambah modal untuk membangun Apple, Steve Jobs menjual Volkswagen dan Wozniak menjual kalkulator HP-65nya seharga $500. Mungkin bagi kita yang lahir pada tahun setelah 1990 akan terkejut mendengar betapa mahalnya harga sebuah kalkulator. Tetapi pada tahun 1976, kalkulator ilmiah memiliki harga yang sama dengan laptop pada hari ini. Dan setelah itu Woz berhasil mendapatkan harga jual sebesar $795, dapat dipastikan jika pembeli itu mengetahui bahwa kalkulator itu merupakan bagian dari sejarah komputer maka bisa dibayangkan berapa harga yang ditawarkan di eBay. Maka pasti akan sangat mahal!

3. Apple 1 memiliki harga berkisar $666.66

Harga Apple yang sangat mahal begitu banyak dikritik oleh sebagian orang hingga saat ini. Tetapi sejarah berbicara, bahwa Apple selalu menyombongkan dirinya denga harga-harga yang sangat tinggi. Bahkan jika pada saat itu inflasi, lalu kita kembali pada hari ini maka harga Apple pertama lebih mahal dari Macbook Air atau Macbook Pro 17-inch pada hari ini. Jika kita melihat bahwa harga Apple 1 berkonotasi setan yaitu $666,66 , tetapi Woz segera menjelaskan dalam konferensi pers. Dia mengatakan bahwa Apple 1 dijual harga grosir ke toko-toko adalah $500, dan toko menjual harga ecerannya adalah $667. Namun Woz mengubah semuanya menjadi satu digit yaitu $666,66 agar lebih mudah untuk diketik.

4. Apple menemukan Dogcow

Pernah mendengar “DogCow?” Pengguna Apple pertama pasti akan mengetahuinya, Dogcow disertakan di dalam Cairo Font yang merupakan bagian dari Macintosh asli. Setelah font Cairo dihentikan, Dogcow hidup dengan driver LaserWriter 4.0 dan kemudia menjadi semacam maskot untuk staf Apple.
Dirancang oleh Susan Kare, Dogcow bisa mengeluarkan suara “moof” dan dapat ditemukan disemua versi sistem operasi Mac sampai OS X. Pada akhir tahun 1980an, Dogcow memiliki popularitas yang baik, sehingga banyak digunakan oleh grup developer yang lain, termasuk Microsoft yang menggunakan Dogcow pada iklannya. Setelah kejadian ini Apple segera memberikan merek dagang terhadap Dogcow dan suara “moof”

5. Nama “Macintosh” terinspirasi oleh jenis apel

Steve Jobs memberi nama putrinya dengan nama Apple lisa, tetapi dari manakah nama “Macintosh” ditemukan? Jeff Raskin, pekerja Apple menjelaskan bahwa nama Macintosh didapatkan dari jenis apel.

6. Apple membuat Mass-market digital kamera pertama

Kembali pada tahun 1994, Apple merilis digital kamera pertama di US. Apple QuickTake 100 bisa mengambil gambar-gambar yang menakjubkan dan terhubung ke Mac via kabel. Harga kamera tersebut berkisar dengan harga $749, yang setara sebesar $1000 pada hari ini, yang tampaknya konyol dengan harga semahal itu hanya bisa mendapatkan kamera dengan resolusi kurang dari satu megapiksel dan tidak ada tampilan digitalnya. QuickTake kemudian diperluas ke dua model sebelum Steve Jobs menghentikan produksinya di tahun 1997.

7. iPod edisi pertama memiliki rahasia berupa telur paskah

iPod edisi pertama datang dengan sebuah rahasia kecil, yaitu telur paskah. Yang dapat diakses jika pengguna mengetahui kombinasi yang tepat pada saat menekan tombol. Bagaimana menemukan permainan ini dijelaskan oleh Nick Triano pada tahun 2002 di Geek.com. Dimana pengguna bisa menahan tombol tengah selama 3 detik, dan pengguna akan mendapatkan Breakout(Pong) berupa permainan telur paskah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tawaran Minggu Ini